BANDUNG, infobdg.com – Daerah Ciwidey memang sudah cukup terkenal untuk dijadikan destinasi wisata. Banyak tempat wisata alam yang ada disini, yang paling terkenal dari semua wisata alam yang ada disini adalah Kawah Putih, karena sering dijadikan tempat syuting film nasional. Tapi kurang lengkap rasanya jika Wargi Bandung berwisata ke daerah Ciwidey tanpa ke tempat yang satu ini, yup tempat itu adalah Situ Patengang.

Situ Patengan merupakan danau yang terletak di Ciwidey, Bandung Selatan. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut ini menempati areal seluas 150 Ha. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan cagar alam atau taman nasional, namun pada tahun 1981 telah resmi berubah menjadi sebuah taman wisata. Situ Patengang ini bisa dicapai dengan melewati Kopo Sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari Soreang dilanjutkan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi Situ Patengang. Kawasan Situ Patengang ini melewati kawasan Kawah Putih dan pemandian air panas Ciwalini.

Di awal perjalanan setelah parkir motor, Wargi Bandung akan melihat megahnya PLTA Saguling. Dipinggir pipa-pipa besar PLTA Saguling ada jalan setapak dan warung kecil sebelum ada tulisan dan penunjuk arah “ke Tempat Wisata”. Jalan setapak ditengah perkebunan sekitar 1km akan dilewati sebelum sampai ke Sanghyang Poek. Sampai di Sanghyang Poek, Wargi Bandung akan menemukan gua yang gelap dan tembus ke sungai dengan volume air yang sedikit serta penuh bebatuan. Biasanya para wisatawan beristirahat sejenak di Sanghyang Poek sambil berfoto. Disini ada dua jalur hiking untuk sampai ke Sanghyang Heuleut. Ada jalur melewati bukit seperti perkebunan dengan jalan setapak dan melewati sungai penuh batu-batu. Track akan lebih mudah melewati jalan setapak, karna melewati sungai Wargi Bandung harus berhati-hati dengan batu yang licin dan terjal.